Merawat Gigi BeheL

Behel kini sedang jadi trend dimana-nama. Penggunaannya pun banyak bergeser dari hanya untuk memperbaiki bentuk gigi menjadi trend gaya masa kini. Hanya saja pengguna behel perlu menjaga kebersihan gigi lebih ekstra karena rentan terhadap gangguan yang ditumbulkan sebagai efek samping penggunaan behel.


Setidaknya ada beberapa efek yang ditimbulkan bila mengenakan behel yakni:
  1. Sering sariawan karena mulut tidak terbiasa dengan benda asing di gigi kita, jadi bisa timbul sariawan. Tapi bisa disiasati dengan wax ortho (berupa lilin untuk menutupi bagian yang tajam).
  2. Pada saat gigi ditarik pasti rasanya ngilu2 kalo gigit sesuatu, terutama di awal2 kontrol. Tapi setelah beberapa hari pasti sudah tidak lagi.
  3. Seminggu pertama memasang behel awali dengan makan makanan yang halus seperti pasta, roti, sup, dan lain-lain membuat gigi tidak sakit.
  4. Sikat gigi dengan PASTA GIGI FORMULA EXTRA SENSITIVE untuk membantu mengurangi / meredakan rasa sakit atau ngilu pada gigi.
Beberapa hal yang wajib dilakukan bila memakai behel.
  1. Gunakan SIKAT GIGI FORMULA +SENSITIVE  bulu sikatnya lembut agar tidak merusak bracket. Cara menyikat gigi yang baik ketika menggunakan behel adalah sikat turun dari atas dan kemudian naik dari bagian bawah pada setiap gigi dengan kawat gigi.
  2. Makanan yang harus dihindari ketika memakai behel gigi yaitu makanan yang keras atau sulit untuk dikunyah, makanan yang kenyal seperti gula-gula atau karamel, Jagung rebus, popcorn, kacang-kacangan, dan wortel. Selain itu, hindari juga untuk makan es atau permen karet.
  3. Ketika memakai kawat gigi, kamu masih bisa mengkonsumsi makanan kesukaan jika dipotong terlebih dahulu menjadi potongan-potongan kecil sehingga lebih mudah dikunyah.
  4. Ketika berolahraga dengan memakai behel, lebih baik untuk menggunakan mouthguard yang telah dirancang khusus. Mouthguard ini terbuat dari plastik tahan lama dan dirancang agar sesuai nyaman di kawat gigi kamu dan akan melindungi jaringan lunak dalam mulut.
  5. Memotong makanan dalam ukuran kecil. Kamu dapat menggunakan pisau untuk memotong makanan agar tidak tersangkut di behel Kamu. Sebaiknya hindari makanan keras yang dapat menyebabkan bengkoknya kawat gigi. (makanan yg keras dapat juga menyebabkan lepasnya bracket).
  6. Belajar untuk mengunyah makanan tanpa mendorong ke arah pipi. Karena akan sangat sulit untuk mengeluarkan sisa makanan di behel yang terletak di bagian belakang.
  7. Hindari minuman yang mengandung gula seperti soda dan jus. Karena gula yang terdapat di dalamnya dapat menempel di behel dan akan menyebabkan pembusukan. Bila Kamu masih ingin mengkonsumsi minuman selain air mineral, gunakanlah sedotan sehingga tidak mengenai behel.
  8. Untuk Kamu yang pertama kali menggunakan behel, kamu harus menyesuaikan cara makan dengan keadaan mulut. Maka tidak disarankan untuk makan terburu-buru dan mengunyah dengan cepat.
  9. Sehabis makan gunakan FORMULA ANTISEPTIC MOUTHWASH
Kesehatan mulut sangatlah penting bagi si pemakai kawat gigi. Karena, apabila disepelekan, akan timbul berbagai efek samping yang tentu akan membuat penggunanya merasa tidak nyaman. Jaga kesehatan mulut dengan Formula.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar